Tetap Bersyukur di Tengah Pandemi
Senin, 10 Agustus 2020
Tetap Bersyukur di Tengah Pandemi

Tetap Bersyukur di Tengah Pandemi

Saudaraku, teman seperjuangan dan rekan-rekan pengajar, sudahkah kita bersyukur hari ini? Walau di tengah pandemi?

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”
QS. Al-Baqarah :152
 

“Jika ada seseorang berbuat baik padamu dan engkau tidak mampu membalasnya maka do’akan dia hingga engkau merasa bahwa engkau telah mensyukuri kebaikan tersebut, karena sesungguhnya Allah SWT sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur.”
HR. Abu Dawud
 

“Dari Abu Abdillah a.s, beliau berkata, “orang yang menyantap makanan dengan rasa syukur, maka dia diberi pahala, seperti orang yang berpuasa menjaga dirinya. Orang yang sehat yang mensyukuri kesehatannya, maka dia diberi pahala, seperti orang yang menanggung penderitaan (jasmani)-nya dengan sabar. Dan orang yang memberikan dengan rasa syukur, maka dia mendapat pahala yang sama dengan orang yang menanggung kerugian dari menjaga dirinya”.


Sebuah nasihat: “Bersyukur yang terbaik itu di saat mengalami kesulitan dan mendapatkan musibah, bukan di saat mendapatkan kesenangan. Saat mendapatkan kesenangan, justru  harus banyak bersabar. Sebab banyak orang yang tidak sabar ketika mendapatkan kesenangan hidup.”


Apa yang harus kita syukuri? Jawabannya “Sangat Banyak Sekali”, minimal ada beberapa saja yang bisa disampaikan yaitu;

Pertama;
Nikmat beribadah. Ibadah adalah nikmat inti yang masih kita rasakan. Dengan ibadah kita bisa meminta kepada Allah. Apapun permintaan itu bisa kita panjatkan melalui do’a dan dzikir. Kita juga bisa menatap kehidupan dengan optimis dan berbaik sangka kepada Allah.


“Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”
QS. Ibrahim :7


Kedua;
Nikmat kesehatan. Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan. Tidak sedikit dari keluarga kita, saudara kita, tetangga kita, sahabat kita, teman kita dan orang-orang di sekitar kita lainnya yang sudah tidak bisa lagi menikmati kesehatan ini. Utamanya kesehatan jasmani maupun rohani.


“Dari Ibnu Abbas, dia berkata : Nabi SAW bersabda : “Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.”
HR. Bukhari.


Ketiga;
Nikmat beraktivitas. Setiap hari kita masih memiliki aktivitas yang jelas. Jelas kerjaannya. Jelas kebaikannya. Jelas nilai ibadahnya. Jelas akibatnya. Patut kita syukuri dengan aktivitas yang baik ini, karena kita sedang menyiapkan generasi bangsa yang berbudi pekerti dan berakhlak islami.


Ibnu Qayyim Al Jauziyah berkata; “Jika dirimu tidak disibukan dengan hal yang baik, maka pasti akan disibukan dengan hal yang buruk.”


Keempat;
Nikmat berkumpul dengan orang shaleh. Allah masih memberikan kita kesempatan berkumpul, bercengkrama, berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang yang melaksanakan ibadah tepat waktu dan istiqomah. Berlomba-lomba dalam kebaikan. Saling menasehati dan memotivasi berperilaku mulia dan sabar.


Rasulullah SAW bersabda: “Seseorang itu mengikuti din (agama; tabiat; akhlaq) teman dekatnya. Oleh karena itu, hendaknya seseorang di antara kalian memperhatikan siapa yang dia jadikan teman dekat.”
HR. Abu Dawud


Rasulullah SAW bersabda: “Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau  mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar  pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk.”
HR. Bukhari dan Muslim


Semoga Bermanfaat...!!

By.
Dani Rikman
     

Berita Lainnya
Fieldtrip Ke Kampung Sunda

Pengenalan anak pada permainan tradisional Jawa Barat, seperti, sondah, rorodaan, sapintrong, gangsing, lelempengan dan cacaburange.

Pelantikan Pengurus Pramuka Basis SD itQan

Pengurus Pramuka SD itQan Islamic School Melakukan Rangkaian Upacara Pelantikan dan Peresmian Gerakan Pramuka Gugus Depan 10.055-10.056

Edisi Fieldtrip PGTK itQan

Daycare PGTK itQan!! Mau Fieldtrip kemana kita??? Banyak sekali manfaat kegiatan Outing buat anak-anak.

Program
Prestasi Siswa-2
Selasa, 04 Desember 2018
Prestasi Siswa-1
Selasa, 04 Desember 2018
Slogan Go Green School
Senin, 29 April 2019
Berita Terbaru
Selamat Hari Santri Nasional 2020
Selasa, 27 Oktober 2020
PPDB 2021/2022
Jum'at, 02 Oktober 2020
Statistik Pengunjung
Content View Hits : 72.795

Copyright 2017, itQan Islamic School.