Didiklah anakmu dengan kelembutan
Rabu, 16 Desember 2020
Didiklah anakmu dengan kelembutan

Didiklah anakmu dengan kelembutan

Rasulullah SAW bersabda, “Hendaknya kamu bersikap lemah lembut, kasih sayang, dan hindarilah sikap keras dan keji.” HR. Bukhari.

“Sesungguhnya Allah SWT adalah Maha Lembut dan mencintai kelembutan. Dan Allah akan memberikan banyak sekali kebaikan dari kelembutan yang tidak Allah berikan kepada sikap kasar, dan sifat lainnya..”


Suatu hari, Rasulullah SAW didatangi seorang perempuan yang bernama Sa’idah binti Jazi. Ia membawa anaknya yang baru berumur satu setengah tahun. Rasul kemudian memangku anak tersebut. Tiba-tiba, anak tersebut kencing (mengompol) di pangkuan Rasulullah SAW. Secara spontan, ibunda anak tersebut menarik anaknya dengan kasar. Seketika itu juga, Rasulullah SAW menasihatinya; “dengan satu gayung air bajuku yang terkena najis karena kencing anakmu bisa dibersihkan, akan tetapi, luka hati anakmu karena renggutanmu dari pangkuanku tidak bisa di obati dengan bergayung-gayung air.”

Dari As-Saib ibnu Zaid ketika dia masih anak-anak, ia mengatakan; “Aku melihat Rasulullah SAW, aku dan beberapa orang anak lainnya yang sebaya denganku langsung menemuinya, kami jumpai beliau sedang makan buah kurma dari sebuah keranjang bersama dengan beberapa orang sahabatnya. Melihat kedatangan kami yang masih anak-anak, beliau bangkit, lalu memberikan kepada masing-masing dari kami segenggam kurma dari ke ranjang itu sembari mengusap kepala-kepala kami.”

Ada seorang badui mendatangi Rasulullah SAW bertanya; “Apakah engkau mencium anak-anak kecil, sungguh kami tidak pernah mencium mereka?”  Maka beliau menjawab; “Apakah harus aku biarkan engkau, agar Allah menghilangkan rasa kasih dan sayang dari hatimu?”

Abu Hurairah ra. menceritakan :”Rasulullah SAW mencium Hasan bin Ali dan di sisi beliau ada Al ‘Aqra bin Habits at Tamimi. Lalu Al Aqra berkata pada beliau, “Aku memiliki sepuluh orang anak dan aku tidak pernah mencium seorang pun dari mereka. Maka Rasulullah SAW berkata; “Barangsiapa yang tidak penyayang, maka ia tidak akan disayang.”

Beberapa kisah dari hadits tersebut memberikan pelajaran berharga kepada kita sebagai para orang tua dan pendidik, bahwa Rasulullah SAW secara tegas melarang melakukan pendekatan dengan kekerasan dalam mendidik anak. Rasulullah SAW telah mencontohkan sikap lemah lembut dalam memperlakukan dan mendidik anak-anak. Sebab bagi seorang anak, kelembutan dan kasih sayang orang tua termasuk seorang guru, merupakan sumber kekuatan yang bisa menggugah perasaannya. Beberapa ciuman sayang dan sentuhan kehangatan yang diberikan akan melahirkan ketenangan, kepercayaan, juga hubungan batin yang kuat antara seorang anak dan orang tuanya atau bahkan gurunya. Melalui pendekatan lemah lembut ini, diharapkan dapat membentuk jiwa anak yang siap  menerima, merespons, mentaati dan melaksanakan setiap panggilan kebaikan dengan penuh kesadaran, bukan keterpaksaan.


Semoga bermanfaat.

Oleh,
Dani Rikman, S.Pd.I

Pengajar SD ItQan Islamic School

#sditqan #sdit #sdislam #sekolahalqur’an #sekolahtahfidz #solehberprestasi #sdunggulan #sdberprestasi #sdkarakter  #sdinklusi #sdunggulaninklusi #sditunggulan #sditberprestasi #sditkarakter #sditinklusi #sditunggulaninklusi #sdislamunggulan #sdislamkarakter #sdislaminklusi #sekolahislami #sekolahadiwiyata #sekolahbillingual  #sekolahunggulan #sekolahberprestasi #sekolahkarakter #sekolahinklusi #pendidikanislami #pendidikanunggulan #pendidikankarakter #pendidikaninklusi #sekolahberbasislingkungan 

Berita Lainnya
Bagaimana Menciptakan Iklim Pendidikan Yang Menyenangkan?

Pendidikan dan suasana belajar yang sangat menyenangkan adalah harapan setiap anak

Ajarkan Anakmu Mengantri dan Tertib Sejak Kecil!

Salah satu hal terpenting dalam ‘Fiqih kedisiplinan’ adalah membiasakan budaya antri dan tertib di segala sisi kehidupan.

Kita Berbagi yuuk

Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya.

Program
Program Unggulan
Jum'at, 11 Agustus 2017
Prestasi Siswa-1
Selasa, 04 Desember 2018
Ekstrakurikuler
Jum'at, 11 Agustus 2017
Berita Terbaru
Doa ketika Bencana
Rabu, 03 Februari 2021
Statistik Pengunjung
Content View Hits : 107.645

Copyright 2017, itQan Islamic School.