Pengaruh Film Kepada Anak
Selasa, 14 Januari 2020
Pengaruh Film Kepada Anak

Pengaruh Film Kepada Anak

Siapa yang tidak mengenal film? Tentu senang dong menonton tayangan yang ada di televisi terutama film. Film merupakan karya audio visual. Film memiliki peranan penting terhadap tumbuh kembang anak, terutama dalam pembentukan pola pikir dan sikap. Disadari atau tidak, film merupakan produk visual paling berpengaruh terhadap perilaku anak.

Contoh saja, film kartun tentu saja masih menjadi daya tarik tersendiri bagi anak–anak. Ada beberapa kartun yang menggambarkan sisi pembelajaran, karena dapat memberikan contoh yang baik, sehingga ketika ditonton oleh anak, kartun tersebut layak dikonsumsi mereka. Contoh dalam kartun tersebut menyuguhkan tentang budaya tolong–menolong, pentingnya sifat kejujuran, dan tema lain bersifat positif. Ada pula kartun yang dikemas dengan cerita–cerita kurang mendidik, sehingga termasuk ke dalam kriteria film kurang layak ditonton anak. 

Anak-anak yang menonton telivisi lebih dari 11-15 jam dalam seminggu mengalami penurunan prestasi mereka di sekolah. Artinya ketika anak sering menonton fim maka akan sangat berpengaruh terhadap prestasi, karena disela-sela itu anak-anak labih mengutamakan untuk menonton film dibandingkan dengan belajar. Jadi waktu yang dipakai anak-anak tersebut lebih banyak untuk televisi, dan aktivitas belajar pun diabaikan, (Lewis, 1952).

Hasil penelitian Evry (1952:4), mengenai pengaruh meninton televisi pada anak-anak, bahwa 33,3% anak-anak yang sering menonton televisi oleh gurunya dinilai sebagai anak yang tidak teang (gelisah). Di waktu anak dalam keadaan gelisah, hal ini dapat berpengaruh pada menurunnya semangat belajar, sehingga berimplikasinya pada prestasi di sekolah akan menurun.  

Ø 
Perlunya Peran Orang Tua

Keluarga menjadi kelompok sosial utama tempat anak belajar menjadi manusia sosial. Rumah tangga menjadi tempat pertama dalam perkembangan segi sosialnya; dan dalam interaksi sosial dengan orang tuanya yang wajar, ia pun memperoleh bekal yang memungkinkan untuk menjadi anak yang berguna di mata masyarakat.   

Ø 
Perlunya Peran Pihak Sekolah

Sekolah merupakan suatu lembaga yang didalamnya terdapat siswa-siswi untuk menuntut ilmu diberbagai bidang, guna menjadi manusia yang berakhlak mulia, bermoral, dan berkualitas. Oleh karena itu pihak sekolah perlu ikut andil dalam menanggapi perkembangan teknologi yang mempengaruhi kehidupan sosial anak remaja saat ini, dengan cara memberikan pelajaran yang baik khusunya pelajaran Tekonlogi Informasi Dan Komunikasi (TIK)  

Ø 
Perlunya Peran Tokoh Agama

Peran tokoh agama sangat urgen dalam memberikan wejangan hikmat terhadap anak di lingkungan Gereja, Masjid maupun di tempat lain yang dianggap penting. Artinya sebagai tokoh agama harus memberikan khotbah atau ceramah yang berkaitan dengan pengaruh perkembangan teknologi terhadap anak remaja masa kini, misalnya melarang anak menonton film yang bertentangan dengan nilai-nilai agama yang dianut setiap agama.  

Demikian yang kami sampaikan pada siaran di radio RRI Pro 2 Kota Bandung, pada hari Rabu 8 Januari 2020 bersama Kak Seto dan Kak Heny.
          
Semoga bermanfaat...!
 

Oleh,
Edi Junaedi, S.Ag, M.Pd.I       
Kepala Sekolah SD ItQan Islamic School
   

Berita Lainnya
Berbicara Jujurlah kepada Anakmu

Raulullah Saw, mangajarkan pada umatnya untuk senantiasa berkata jujur

CLIL Method Training

The CLIL itself is the integrated learning of content in the second language. CLIL means Content, Language, Integrated, and Learning.

Meraih Medali Emas Di Kejuaraan Sepatu Roda Medan, Sumatra Utara

Alhamdulillah Siswa Kami Kembali Meraih Prestasi Pada Kejuaraan Spatu Roda 2017 di Medan, Sumatra Utara

Program
Ekstrakurikuler
Jum'at, 11 Agustus 2017
Program Unggulan
Jum'at, 11 Agustus 2017
Prestasi Siswa-1
Selasa, 04 Desember 2018
Berita Terbaru
Juara 1 Lomba Tahfidz Juz 30
Kamis, 11 November 2021
Statistik Pengunjung
Content View Hits : 144.098

Copyright 2017, itQan Islamic School.